Cari Blog Ini

Rabu, Maret 08, 2017

Infografis Seri Perencanaan Keuangan #1 : Apa dan Siapa yang Membutuhkan

Berikut ini infografis seri perencanaan keuangan #1 : Apa dan Siapa yang Membutuhkan Perencanaan keuangan:



Apa itu Perencanaan Keuangan?

Merencanakan keuangan menurut Financial Planning Standard Board (FPSB) adalah Suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terintegrasi terencana.

Setiap orang, termasuk Anda dan Saya memiliki tujuan-tujuan keuangan. Entah itu tujuan untuk membeli rumah, kendaraan, mempersiapkan biaya pendidikan anak, perjalanan ibadah, dana hari tua dan lain sebagainya. Seperti yang Anda ketahui, biaya-biaya untuk tujuan tersebut terkadang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Mungkin saja gaji 12 bulan belum tentu cukup untuk membeli rumah, perjalanan ibadah atau persiapan untuk pensiun. Oleh sebab itu maka Anda butuh strategi dan perencanaan, agar tujuan keuangan Anda dapat segera terwujud.

Idea Solusi Finansialku - Perencana Keuangan Independen FinansialkuDengan adanya perencanaan keuangan, Anda memiliki sebuah peta atau GPS untuk dapat melangkah maju dan mewujudkan satu-persatu tujuan keuangan Anda.

Siapa yang Membutuhkan Perencanaan Keuangan?

Setiap orang yang memiliki tujuan keuangan dan mengelola keuangannya sendiri membutuhkan sebuah perencanaan keuangan. Dalam infografis di atas, kami sebutkan lima sosok yang membutuhkan perencanaan keuangan:
Karyawan : dengan gaji yang relative tetap setiap bulannya, seorang karyawan harus pandai-pandai mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan jangka hidup dan jangka pendek, kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang. Jadi karyawan perlu pandai-pandai mengatur uangnya agar dapat membeli tujuan-tujuan keuangan yang membutuhkan banyak uang (contoh: membayar dp rumah, membeli mobil, menyiapkan biaya kuliah anak, pensiun dan lain sebagainya). 


Piramida Perencanaan keuangan 
Apa saja topik atau bahasan dalam perencanaan keuangan? `Kalau dibilang topik tentu saja banyak sekali bahasan dalam perencanaan keuangan. Mari kita bahas beberapa topik berdasarkan prioritasnya. Dalam perencanaan keuangan, prioritas-prioritas tersebut digambarkan dalam bentu piramida.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Ibu-Rumah-Tangga-Harus-Mengenal-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Prioritas pertama dalam perencanaan keuangan adalah memenuhi kebutuhan jangka pendek, dalam hal ini adalah mengelola arus kas (cash flow), dana darurat dan utang. Ketiga bagian tersebut adalah permasalahn keuangan jangka pendek yang harus dipastikan sehat. Jika Anda sudah lakukan perbaikan ditiga bagian utama, prioritas berikutnya adalah manajemen risiko individu (personal risk management). Pada bagian ini, Anda harus memastikan asset-asset Anda (Jiwa, Rumah, Kendaraan) telah terlindungi dengan cukup (tidak berlebih atau kekurangan).


Bagian ketiga adalah tujuan-tujuan keuangan jangka menengah. Pada bagian ketiga ini, beberapa orang memiliki prioritas yang berbeda, misal ada yang memprioritas biaya pendidikan anak, biaya untuk perjalanan ibadah, atau biaya untuk membeli rumah dan lain sebagainya. Walaupun kebutuhan jangka menengah penting, tetapi jangan lupakan tujuan keuangan jangka panjang seperti dana hari tua (dana pensiun). Persiapan biaya pensiun sejak usia muda, akan memberikan Anda bekal yang cukup untuk memasuki masa pensiun. Jadi Anda dan pasangan dapat pensiun dalam kondisi aman dan sejahtera secara keuangan.


Terakhir adalah waris atau distribusi keuangan. Jangan sampai kekayaan atau harta duniawi yang Anda dapatkan menjadi sumber keretakan dalam rumah tangga. Lakukan perencanaan waris, untuk memastikan Anda memindahkan kekayaan Anda kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat dengan cara yang tepat.


Yuks....kita rencanakan dana darurat, dana pendidikan, dana kesehatan, dana haji, dana pensiun, dana waris kita dari sekarang 😊

Hubungi Saya: Nurhalimah H.
Telp/Wa: 083874919848
 
Email: vanma.ima@gmail.com



Tidak ada komentar:

Translate

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *